Anda Punya Asam Urat yang Mengganggu Aktivitas Kita? Selesaikan dengan Cara Alami Ini

Posted on

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Nyeri pada persendian bukan alang kepalang. Setidaknya ada enam cara alami untuk mengatasinya.

Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan dari pemecahan purin. Purin itu sendiri merupakan senyawa kristal yang ditemukan dalam makanan tertentu. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah, melewati ginjal dan dihilangkan dalam urin. Jika kadar asam urat berlebih, maka ginjal tidak mampu mengekskresikannya.

Hal ini membuat kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri bengkak dan meradang. Dilansir dari laman livestrong, ada beberapa cara alami kurangi asam urat, seperti berikut ini:

1. Kontrol berat badan

Loading...

Jika kamu kelebihan berat badan, hindari diet secara ketat. Lakukan secara bertahap untuk mencegah peningkatan kadar asam urat. Kalau diperlukan coba kamu hitung berat ideal kamu disesuaikan dengan usia dan tinggi badan kamu. cara penghitungannya bisa kamu lihat di website-website baik dengan onlone maupun offline.

2. Air

Jagalah agar tubuhmu tetap terhidrasi. Air melarutkan kadar asam urat dalam darah, dan menstimulasi ginjal untuk meneruskan produk limbah ke kandung kemih. Rekomendasi bervariasi, namun aturan praktis yang baik adalah membagi berat badanmu dengan dua, untuk menentukan jumlah ons yang tepat untuk asupan harian.

3. Kontrol PH tubuh

Menurut Medline Plus, kadar asam tinggi dalam darah, yang disebut asidosis, dikaitkan dengan kadar asam urat tubuh. Tingkat pH kurang dari 7 dianggap bersifat asam. Untuk menjaga tubuh basa, tambahkan apel, cuka sari apel, jus ceri tart dan lemon untuk dietmu.

4. Hindari makanan kaya purin

Daging merah, makanan laut, dan beberapa kacang memiliki kandungan purin yang tinggi. Karbohidrat olahan dan sayuran seperti asparagus, kacang polong, jamur dan kembang kol, juga harus dihindari.

5. Hindari Fruktosa

Jus yang menggunakan pemanis buatan juga memiliki efek yang sama yaitu meningkatkan kadar asam urat.

6. Batasi alkohol

Alkohol mendehidrasi tubuh sehingga disarankan untuk membatasi mengonsumsi ini terutama ketika dikonsumsi dengan makanan tinggi purin.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *