DAHSYATNYA TUNAS BAMBU UNTUK KESEHATAN KITA

Posted on

Tahu dengan tumbuhan bambu? Ya, tumbuhan satu ini dikenal kaya akan manfaat mulai dari bahan pembuatan berbagai peralatan rumah tangga, bahan bangunan, bahan pembuatan alat musik, hingga bahan makanan. Bagian tunas bambu yang masih muda atau sering juga disebut rebung merupakan bahan makanan bagi sebagian penduduk dunia. Mulai dari penduduk China, Asia Selatan, Jepang, hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Tunas bambu ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti disayur, digulai, dijadikan isian lumpia, dan lain sebagainya. Jika kalian penggermar lumpia Semarang pasti sudah sangat kenal dengan bahan makanan ini yang merupakan salah satu bahan isian dalam lumpia.

Tunas bambu yang akan diolah menjadi bahan makanan biasanya dipotong-potong tipis terlebih dahulu dan direbus untuk menghilangkan racunnya. Setelah direbus tunas bambu dicuci bersih dan dapat langsung diolah menjadi beragam jenis masakan.

Tunas bambu banyak digemari karena teksturnya yang renyah dan lembut serta rasanya yang polos dan segar. Tidak hanya itu bahan makanan ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun belum melalui tahapan penelitian ilmiah namun manfaat tunas bambu bagi kesehatan telah dipercaya sejak lama. Bahkan di China bahan makanan ini disebut sebagai “raja sayur” mengingat rasanya yang lezat dan manfaatnya bagi tubuh.

Manfaat tunas bambu bagi kesehatan tentu didukung oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya seperti manfaat serat pangan, manfaat kalium, rendah lemak dan kalori, manfaat protein, manfaat antioksidan, manfaat vitamin A, manfaat vitamin E, vitamin B6, serta beragam mineral seperti manfaat zat besi, manfaat mangan, manfaat seng, manfaat fosfor, dan manfaat magnesium.

Loading...

Lalu apa saja manfaat tunas bambu ini bagi kesehatan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah kerap dituding sebagai penyebab timbulnya beragam penyakit berbahaya. Meskipun kolesterol dibutuhkan dan memiliki manfaat bagi kesehatan namun kadarnya yang berlebihan justru tidak baik bagi kesehatan.

Untuk itu anda dapat mengonsumsi tunas bambu sebagai salah satu bahan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa bahan makanan lain yang juga dikenal bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol diantaranya manfaat daun kersen untuk kolesterol dan manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol.

2. Melancarkan siklus haid

Konsumsi tunas bambu juga dipercaya baik bagi kesehatan wanita terutama untuk melancarkan siklus haid yang tidak teratur. Jika anda para wanita memiliki masalah dengan siklus haid maka konsumsi tunas bambu dapat menjadi alternatif yang tepat.

Tidak hanya itu manfaat tunas bambu juga dapat membantu mengatasi nyeri haid yang sering dirasakan kaum wanita di awal-awal masa haid.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Seperti diketahui konsumsi serat yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh untuk mendukung kelancaran pencernaan.

Dengan konsumsi tunas bambu yang kaya serat tentu sangat baik bagi kelancaran pencernaan sehingga makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh dan sisa pencernaan juga dapat dibuang dengan lancar. Tidak hanya rebung manfaat pisang ambon dan manfaat daun singkong juga dikenal baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada tunas bambu sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dari berbagai infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Anda juga bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang baik dengan manfaat ikan gindara, manfaat buah cupuacu, atau manfaat remayung.

Selain 4 manfaat di atas masih ada banyak lagi manfaat tunas bambu atau manfaat rebung bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi bisul, membersihkan luka, hingga menurunkan risiko terkena kanker.

Oleh sebab itu mulai sekarang jadikanlah tunas bambu sebagai salah satu bahan makanan pengisi menu harian anda. Dengan konsumsi yang tepat dan cukup beragam manfaat di atas bisa anda rasakan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *