Mari Lakukan! Amalan Ini Bisa Membuatmu Banjir Rezeki dan Masuk SURGA

Posted on

Salat Duha merupakan salat sunah yang dilaksanakan mulai dari matahari terbit sampai tepatnya matahari di atas kepala kita (sebelum Zuhur). Meskipun sunah, salat ini sangat dianjurkan karena bisa mendatangkan segudang manfaat untuk kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Ya, bagi kebanyakan Muslim, salat duha dikenal sebagai salat untuk memperlancar rezeki. Namun, bukan hanya itu saja, salat duha juga memiliki manfaat lain, seperti menggugurkan dosa, mendapat pahala seperti haji dan umrah, dibukakan pintu khusus di surga, dipersiapkan rumah di surga, dan lain-lain.

Dikutip dari islamqa.info, salat duha bisa dikerjakan mulai dari 2 rakaat sampai 12 rakaat, dimana setiap dua rakaat sekali mengakhirinya dengan salam. Waktu paling utama melaksanakan salat ini, yaitu ketika matahari sudah mulai terasa panas (dekat dengan berakhirnya waktu duha).

Ada perbedaan pendapat mengenai waktu dimulainya salat duha. Sebagian Ulama Syafi’iyah berpendapat, bahwa waktu dimulainya salat duha adalah saat terbitnya matahari. Namun, menurut Imam an-Nawawi sebagaimana terdapat di dalam kitab ar-Raudhah, lebih dianjurkan untuk menundanya sebentar sampai matahari sudah setinggi kurang lebih satu tombak.

Imam al-Albani berpendapat, ketika beliau ditanya tentang berapa jarak satu tombak itu, sebagaimana dalam kitab Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah, beliau menjawab, “Satu tombak adalah 2 meter menurut ukuran waktu sekarang.” Menurut sebagaian ulama, jika diukur dengan waktu, maka satu tombak itu kurang lebih 15 menit setelah matahari terbit.

Adapun untuk berakhirnya salat duha adalah sebelum bayangan tepat berada di atas benda (tepat siang hari). Jika sudah memasuki waktu tersebut (zuhur), maka waktu salat duha sudah habis. Sebagian kalangan memberikan gambaran akhir waktu salat duha adalah 15 menit sebelum waktu zuhur.

Loading...

Maka, dapat ditarik kesimpulan, bahwa dalam menentukan batas waktu salat duha dapat dilihat dari waktu terbitnya matahari dan waktu salat zuhur. Sebagaimana yang dianjurkan, mulai mengerjakan salat dhuha sekitar 15 menit setelah matahari terbit dan batas akhir sekitar 15 menit sebelum waktu salat zuhur.

Adapun hadis mengenai waktu paling utama untuk melaksanakan salat duha, “Salat awwabin (orang yang bertobat) dikerjakan ketika anak unta mulai beranjak karena kepanasan (duha).” (HR. Muslim)

Dalam kitab al-Minhaj Syarah Muslim, Imam an-Nawawi menjelaskan, “Sahabat-sabahat kami (syafi’iyah) telah berkata: ‘Itu adalah waktu yang paling utama untuk shalat dhuha, dan boleh saja melakukannya dari terbitnya matahari sampai tergelincirnya matahari.’”

Apabila kita ingin agar rezeki kita dilancarkan oleh Allah SWT, maka hendaknya kita mengerjakan salat duha sebanyak empat rakaat, sebagaimana dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini.

“Allah Azzawajalla berfirman; ‘Hai anak cucu Adam! Janganlah kau malas dalam melaksanakan empat rakaat di permulaan siang niscaya Aku mencukupimu pada sore harinya.'” (HR. Ahmad).

Jika kita rajin, apalagi sampai gemar menjalankan salat duha, maka Allah SWT pasti akan selalu memudahkan rezeki kita sebagai hamba-Nya. Maka dari itu, kerjakanlah salat duha dengan penuh keikhlasan dan istikamah, sebagai jalan pembuka pintu rezeki kita di dunia maupun di akhirat kelak.

Selain itu, salat duha bukan hanya memperlancar rezeki kita di dunia saja. Di akhirat kelak, kita juga akan dapat merasakan indahnya manfaat salat sunah yang selalu kita kerjakan setiap paginya, yaitu surga-Nya Allah SWT.

Nantinya saat hari kiamat tiba, Allah SWT akan memanggil orang-orang yang selalu mengerjakan salat duha. Sebab, orang-orang tersebut akan ditunjukkan pintu-pintu surga kepadanya dan dipersilakan masuk ke dalamnya atas rahmat Allah SWT.

Itulah sedikit penjelasan keutamaan dari salat duha. Selain mendapatkan pahala, salat yang satu ini sangat bisa memperlancar rezeki kita dan kita juga bisa berkesempatan besar untuk masuk ke surga-Nya Allah SWT. Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *