Pusing Membersihkan Bunga Es di Freezer? Bersihkan dengan Cara Mudah Ini

Posted on

Tidak semua bahan makanan bisa disimpan pada rak kulkas biasa dengan suhu 18° – 19° C. Beberapa bahan makanan seperti daging dan makanan beku hanya bisa disimpan di dalam freezer dengan suhu mencapai -20°C. Sayangnya, karena sering digunakan, pertumbuhan bunga es pada freezer pun semakin cepat. Hal itu membuat kita harus segera membersihkannya untuk memaksimalkan kerja freezer. Tapi jangan sembarangan, ya! Ada cara khusus untuk membersihkan freezer karena bagian ini berbeda dengan rak freezer biasa. Nah, agar tidak salah, berikut cara membersihkan freezer yang benar agar freezer Anda tidak cepat rusak dan dinginnya tahan lama.

1. Matikan kulkas Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut aliran listrik. Hal ini dilakukan agar proses membersihkan freezer jadi lebih aman. Adanya aliran listrik yang masih berjalan kemungkinan akan menyebabkan arus pendek hingga korslet. Jadi, ada baiknya kita menjaga keselamatan kerja di dapur dengan memutus seluruh aliran listrik ke kulkas.

2. Kosongkan freezer Keluarkan semua bahan makanan yang disimpan di dalam freezer ke wadah lain. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu mempercepat melelehkan bunga es pada freezer, apalagi yang sudah menumpuk. Selain itu kita juga bisa memilah bahan makanan mana saja yang masih layak untuk disimpan atau untuk diolah dan bahan mana saja yang sebaiknya dibuang.

Loading...

3. Biarkan bunga es mencair Walaupun saat ini kebanyakan freezer sudah tidak memproduksi bunga es lagi, namun masih ada beberapa freezer yang memproduksi bunga es. Bagi freezer yang memproduksi bunga es, biarkan bunga es mencair dengan sendirinya dengan cara membuka pintu freezer. Lama pencairan bunga es ini bervariasi, tergantung tebal atau tidaknya bunga es. Jangan gunakan alat tajam seperti pisau untuk menyongkel bunga es yang sudah mulai tipis dan mudah untuk dicongkel, karena akan merusak lapisan freezer. Jika ingin mempercepat waktu melelehkan bunga es, gunakan pengering rambut atau dua mangkuk air panas yang diletakkan di dalam freezer.

4. Hilangkan bau tak sedap Terkadang ada bau kurang sedap yang menempel pada freezer. Hal ini bisa disebabkan karena ada beberapa makanan yang mengeluarkan bau tidak tersimpan dengan rapat. Kita bisa menghilangkan baunya dengan menggosok dinding freezer dengan campuran air dan baking soda.

5. Lap freezer Pastikan semua bunga es leleh dan sudah digosok dengan campuran air dan baking soda. Kemudian yang harus kita lakukan adalah melap freezer dengan lap bersih atau gunakan sikat gigi untuk bagian yang sulit dibersihkan. Dengan begini, semua bagian freezer akan bersih dengan sempurna.

6. Nyalakan freezer Kalau sudah yakin semua bagian bersih, kita bisa menyalakan freezer kembali. Kita juga bisa memasukkan kembali makanan yang bisa disimpan ke dalam freezer lagi. Jangan lupa atur makanan dengan rapi, ya!

Sekarang sudah tahu, kan, cara membersihkan freezer yang benar? Siapapun bisa melakukannya sendiri, kok! Dengan begini, dingin freezer akan lebih tahan lama untuk menyimpan berbagai makanan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *