Tidak Banyak yang Tahu, Begini Cara Goreng Lele Biar Gurih dan Tidak Bau

Posted on

Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok itu ialah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya. Ikan lele memiliki hal yang kadang bikin kaum wanita jijik, yakni lendir dan bau tanah serta amis. Namun rasanya yang lezat terutama jika sudah digoreng kering membuat semua hal di atas jadi terlupakan. Apalagi jika Anda sudah tahu bagaimana cara menghilangkan 3 masalah tersebut. Bagaimana anda tertarik dengan tips jitu ini?

Jika belum tahu, yuk simak tips menggoreng ikan lele berikut ini agar renyah dan aromanya menggoda selera:

Loading...

1. Bersihkan lendir

Cara membersihkan lendir yang melekat pada kulit ikan lele cukup mudah. Anda bisa gunakan garam, dengan menaburkannya ke ikan dan diamkan beberapa menit dalam wadah tertutup hingga lele menjadi kaku dan lendirnya keluar semua, kemudian cuci bersih. Bisa juga dengan abu gosok, yang dibalurkan lalu cuci hingga bersih kesat.

2. Sayat ikut garis tulang

Belah atau sayat lele dari atas kepala hingga ekor ikut garis tulangnya. Bubuhi bumbu di bagian tersebut dan diamkan beberapa saat hingga meresap.

3. Bersihkan

Buang semua jerohan lele, agar bau amis dan tanah hilang. Di bagian perutnya itu beri bumbu pula agar meresap hingga dagingnya.

4. Kerat sisi kanan dan kiri

Sayat atau kerat sisi kiri dan kanan lele untuk memudahkan bumbu meresap ke dagingnya. Sebelumnya juga kucuri dengan lemon peras atau jeruk nipis.

5. Filled

Filled atau ambil bagian daging lele saja, sehingga aroma tanahnya hilang. Aroma itu lebih banyak melekat di kulit dan kepala.

6. Goreng hingga terendam

Pakai minyak banyak saat menggoreng lele hingga terendam seluruhnya. Hal itu juga mempercepat matangnya dan meratakan panas di seluruh bagian lele. Hasilnya lele renyah dan mantap dikonsumsi. Selamat mencoba.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *